Senin, 21 Oktober 2013

hardware dan tabel perbandingan samsung NP270E4V-K02ID dan toshiba PSCBQU-004024B



FUNGSI CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

 FUNGSI RAM (Random Acces Memory)

 
RAM komputer ( Random Acces Memory ) adalah memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer, Fungsi RAM adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing. salah satu Hardware utama yang Harus ada untuk kelengkapan suatu rangkaian Hardware komputer.
RAM (Random Access Memory) mempunyai fungsi sebagai penyimpan data sementara. Menyimpan data dari hardisk dan menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses. Semakin besar kapasitas memory semakin cepat pula kerja suatu komputer.

besarnya kapasitas dan Kecepatan memory utama akan menjadi penentu bagi kelangsungan kinerja komputer, karena setiap proses dalam sistem komputer akan selalu melibatkan memori Utama sebagai Hardware yang melayani CPU.

Cara Kerja
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhm4x59ataehlYpYTtDrcvLy538AvArXTVnj00LzXU7reCm65a8CShrmVSGIGc9CosH86yOq1DvstDlHBbBri39mCe11uXWDxZs85RO_sDJkJGVnPmbRZH_1G-o_rjRdMUUI6fe9BEzlI0/s1600/New+Picture.bmp 

Fungsi Motherboard
Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.

Jika pembaca ingin merakit komputer sendiri, maka hendaknya meneliti terlebih dahulu sebelum membeli perangkat motherboard. Artinya, di sini Anda haruslah memperhatikan beberapa hal terkait pembelian perangkat keras motherboard, antara lain: jenis soket prosesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA dan PCI, jumlah soket RAM, serta yang terpenting adalah reputasi dan keandalan sebuah merek daripada perangkat keras motherboard yang akan dibeli.

Di Indonesia sendiri, telah tersebar luas cabang dari produsen kenamaan yang memproduksi motherboard. Persaingan ketat pun ditunjukkan para produsen guna menjadi leader dalam pasar perangkat keras motherboard. Seperti misalnya, merek produk yang kini tengah memiliki reputasi dan keandalan yang bagus antara lain: Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, ECS, Biostar, dan Jetway. Harga banderolan masing-masing merek pun memiliki varian yang cukup variatif. Begitu pula untuk sektor spesifikasinya.

Fungsi Hard Disk Komputer

Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.


Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. 

Fungsi Peripheral


Peripheral bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
1.     Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer.
Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2.     Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
a.       Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
b.        Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.

Fungsi  Network

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAHJHZW97IYjkhkrXyt4y7DwEubqP-BHrtPOWl3nx0C6Pg8pipredh1zC5u5bJHu2RS8XqqcQauuJ1PhhSiktBuHW7-_JFmow49KRLkbduhDl3F9jaDqRzgj06txEN-RBJywA1WzykGks/s1600/network.JPG

     Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer3.
     Network, merupakan layer yang mendefinisikan akhir pengiriman paket data dimana komputer mengidentifikasi logical address seperti IP Addreses, bagaimana meneruskan/routing (oleh router) untuk siapa pengiriman paket data. Layer ini juga mendefinisikan fragmentasi dari sebuah paket dengan ukuran unit yang lebih kecil. Router adalah contoh yang tepat dari definisi layer ini.





Spesifikasi
Samsung  NP270E4V-K02ID
Toshiba PSCBQU-004024B
CPU
Intel Celeron @ 1.10GHz
Sandy Bridge 32nm Technology
AMD E-300
Zacate 40nm Technology

RAM
2,00GB Single-Channel DDR3 @ 665MHz (9-9-9-24)
4.00GB DDR3 @ 541MHz (7-7-7-19)
Motherboard
SAMSUNG ELECTRONICS CO., LTD. NP270E4V-K02ID (CPU Socket - U3)
TOSHIBA Portable PC (Socket FT1)  PSCBQU-004024B

Graphics
Generic PnP Monitor (1366x768@60Hz)
Intel HD Graphics (Samsung)
Generic PnP Monitor (1366x768@60Hz)384MB ATI AMD Radeon HD 6300 series
Hard Drives
466GB ATA HGST HTS545050A7 SCSI Disk Device (SATA)
298GB TOSHIBA MQ01ABD032 (SATA)
Peripherals
-Standard PS/2 Keyboard
-PS/2 Compatible Mouse
-WebCam SC-10HDD12636N
- Standard PS/2 Keyboard
- Synaptics PS/2 Port TouchPad
- USB Video Device
Network
Qualcomm Atheros AR9485WB-EG Wireless Network Adapter
Realtek RTL8188CE Wireless LAN 802.11n PCI-E NIC




Tidak ada komentar:

Posting Komentar